alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jokowi Lugas, Maruf Tenang, Prabowo-Sandi Saling Berbagi

Puguh Hariyanto
Jokowi Lugas, Maruf Tenang, Prabowo-Sandi Saling Berbagi

JAKARTA - Penampilan Jokowi-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi di debat pamungkas Pilpres 2019 kembali memukau. 4 putra terbaik bangsa ini tampil dengan keunggulan masing-masing.

Capres 01 Jokowi misalnya. Ia tampil lugas menerangkan mengenai visi ekonominya dan menjawab pertanyaan dari paslon 02 Prabowo-Sandi. Jokowi lancar menerangkan mengenai program besar pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pemerataan. Termasuk soal infrastruktur yang masif dijalankan selama pemerintahannya 4,5 tahun terakhir.

Sementara Kiai Ma’ruf, sebagai seorang ulama seperti biasa tampil tenang. Misalnya, ia lancar dan tenang menerangkan mengenai Bank Wakaf Mikro yang sudah hadir di berbagai pondok pesantren. “Saya tahu 100% perempuan nasabahnya. Kehadiran bank ini membuat ribuan ibu-ibu tertolong dan bangga. Kami akan terus bangun dan kembangkan,” katanya.



Sedangkan Prabowo selalu tampil dengan intonasi semangat dan tegas. Saat berbicara tentang peran perempuan, ia mengatakan, Pemilu 2019 ini emak-emak memiliki peran sangat besar. Mereka memiliki pengaruh dalam mengumpulkan suara.

Sebagaimana sebelum-sebelumnya, Prabowo selalu memberika Sandi untuk berbicara. Di setiap segmen, Prabowo-Sandi selalu berbagi waktu bicara. Saat peran perempuan, Sandi memiliki waktu menerangkan mengenai pengalamannya saat menjadi wagub DKI Jakarta.

Ia menerangkan bahwa usaha sering gagal karena minim akses pasar. “Kami 7 langkah misalnya pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, hingga administrasi keuangan,” ujarnya.



(vhs)

loading...