alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Catat! Ini Makna Celup Jari Kelingking Usai Nyoblos

Ali Masduki
Catat! Ini Makna Celup Jari Kelingking Usai Nyoblos
Valencia Elvira Sugihartono, menyelesaikan Doodle Art raksasa di Kantin Kedokteran Kampus Ubaya Tenggilis, Surabaya, Senin (15/4/2019). Foto/SINDONews/Ali Masduki

SURABAYA - Kebanyakan masyarakat memilih jari kelingking untuk dicelupkan pada tinta, sebagai tanda telah menggunakan hak pilih pada perhelatan pemilihan umum (Pemilu).

Lantas apa sebenarnya makna dibalik jari kelingking itu?

Alumni Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya), Valencia Elvira Sugihartono menuturkan, jari kelingking merupakan satu di antara lima jari yang paling kecil dan lemah.



Menurutnya, dipilihnya jari kelingking itu mengisyaratkan bahwa suara yang paling lemahpun mampu menentukan masa depan bangsa.

"Satu suara dari masyarakat yang menggunakan hak pilih itu bisa menentukan kemenangan pilihan orang tersebut, jadi sangat berharga," katanya saat merampungkan Doodle Art raksasa, di Ubaya Surabaya, Senin (15/4/2019).

Tak ayal jika gambar jari kelingking yang telah diberi tinta ungu menjadi ikon yang paling menonjol, di antara tulisan dan ornamen yang digambar pada karya Doodle Art raksasa berukuran 4 x 3 meter itu.

Lewat Doodle Art raksasa yang dipajang di depan kantin Fakultas Kedokteran Ubaya, Valencia ingin mengajak kaum milenial menggunakan hak pilih pada pemilu serentak 17 April 2019.

Catat! Ini Makna Celup Jari Kelingking Usai Nyoblos

Valencia menjelaskan, aksi membuat karya Doodle Art sebagai media ajakan tidak golput itu untuk mengingatkan pada mahasiswa Ubaya yang banyak berasal dari luar kota Surabaya.

"Apalagi kalu dari luar pulau, kadang banyak mahasiswa yang telat info. Dulu kita bisa ngurus di Ubaya tapi sekarang kan harus ke KPU," ujarnya.

Gadis 21 tahun asal Jember inipun membuat motif beragam dalam karyanya. Setiap goresan cantiknya selalu mencerminkan ajakan, aktivitas, dan harapan bagi kaum milenial untuk bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Ia menonjolkan benda hidup dan benda mati yang merupakan representasi dari aktivitas kaum milenial sehari-hari. Pada bagian tengah, terdapat gambar bendera merah putih dengan motif batik didalamnya.

"Hal ini menunjukkan harapan dan pesan bagi kaum milenial agar menggunakan hak suara untuk kemajuan Bangsa Indonesia," tuturnya.

Ornamen sisik juga menjadi ciri khas background dalam setiap karya gadis yang menggemari kesenian sejak duduk di bangku SMP ini.

Ribuan sisik yang digambar memiliki filosofi ribuan kaum milenial bisa menjadi pondasi yang kuat bagi masa depan penggerak bangsa Indonesia, salah satunya dengan tindakan kecil seperti siap memilih dalam pemilu 2019.

Sentuhan terakhir adalah gambar icon kota Surabaya seperti patung Sura dan Baya, Tugu Pahlawan, hingga Bambu Runcing.

Catat! Ini Makna Celup Jari Kelingking Usai Nyoblos

"Sebagai kota metropolitan nomor dua di Indonesia, saya ingin anak muda Surabaya khususnya mahasiswa Ubaya turut serta dalam meramaikan pesta demokrasi dan mensukseskan pemilu 2019 dengan aman dan tertib. Selain itu, bisa menjadi pemilih muda yang cerdas dan bijak berdasarkan asas Luber Jurdil," ujar Valencia.

Selain pesan dituangkan dalam gambar, terdapat pesan secara eksplisit. Millennials  Say No To Golput yang merupakan inti pesan dalam karya Valencia.

Pada tulisan Millennials, Valencia menggunakan teknik menggambar pointilisme agar tulisan terlihat lebih berisi dan menonjol.

Berdasarkan survei Komisi Pemilihan Umum (KPU), klasifikasi pemilih tahun 2019 didominasi oleh kaum milenial dan usia produktif.

Usia 20 tahun sebanyak 17.501.278 orang, usia 21-30 tahun sebanyak 42.843.792 orang, dan usia 31-40 tahun sebanyak 43.407.156 orang.

Sedangkan pada rentang usia 41-50 tahun sebanyak 37.525.537 orang, usia 51-60 sebanyak 26.890.997 orang, dan usia 60 ke atas sebanyak 22.601.569 orang.

Berdasarkan hasil data di atas, maka kaum milenial membawa peran penting bagi perubahan bangsa Indonesia kedepannya.



(eyt)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif