alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ada Dugaan Bayi Tertukar, Perlu Buka Rekaman CCTV dan Tes DNA

Aan Haryono
Ada Dugaan Bayi Tertukar, Perlu Buka Rekaman CCTV dan Tes DNA
Pasangan suami istri (Pasutri) Mughni, dan Siti Romlah, kaget ketika ada kabar anaknya yang baru dilahirkan tiba-tiba berubah menjadi laki-laki. Foto/SINDOnews/Aan Haryono

SURABAYA - Perasaan pasangan suami istri (Pasutri) Mughni, dan Siti Romlah seperti tersambar petir ketika ada kabar anak yang dilahirkan tiba-tiba berubah jadi laki-laki.

Padahal, saat melahirkan para perawat memberitahunya kalau sang buah hati berjenis kelamin perempuan. Perbedaan kabar jenis kelamin ini yang membuat mereka terpuruk. Mereka takut anaknya tertukar.

"Lha iya, kok tiba-tiba jadi laki-laki. Saya jadi takut terjadi sesuatu pada anak kami," kata Mughni ketika ditemui di RSUD dr Soetomo Surabaya, Senin (15/4/2019).



Mughni mengaku datang pertama kali ke RSUD dr Soetomo pada Jumat, (12/4/2019) selepas maghrib untuk menjalani operasi caesar. Mereka merupakan pasien rujukan dari RS Muhammadiyah Ampel tempat pertama kali istrinya mau melahirklan.

"Karena ada tekanan darah tinggi, pihak RS Muhammadiyah merujuk ke Soetomo (RSUD dr Soetomo, red)," ucapnya.

Setelah sempat masuk ke Instalasi Rawat Darurat (IRD), pada pukul 20.00 WIB dilakukan tindakan operasi caesar. Pelaksanaan operasi caesar berjalan lancar. karena alasan kesehatan, langsung masuk ke ruangan inkubator.

Ada Dugaan Bayi Tertukar, Perlu Buka Rekaman CCTV dan Tes DNA

Ia dan istrinya maupun keluarga lainnya tak mengetahui maupun diperlihatkan kepada pada mereka. Mughni hanya menerima ari-ari bayi dan mendapat keterangan dari perawat bahwa bayi lahir dengan sehat dan berkelamin perempuan. Perasaan senang pun langsung mengelayuti mereka.

"Saya juga tidak diberikan kesempatan untuk adzan pada bayi, kalau anak-anak saya lainnya bisa. Istri saya juga tidak diberikan menyusui untuk pertama kali usai melahirkan," ungkapnya.

Esok paginya, ia pun meminta izin untuk melihat bayinya. Pihak rumah sakit masih menjanjikan bayi baru bisa dijenguk pada Minggu. Mughni pun kebingungan dengan lamanya kesempatan dirinya bertemu dengan sang buah hati.

Minggu pagi, ia pun kembali memohon izin untuk melihat sang bayi. Keinginan itu akhirnya dikabulkan. Mughni pun sumringan dan bergegas untuk menemui anaknya. Namun, ia langsung shock ketika mengatahui kalau anaknya bukan perempuan, tapi berjenis kelamin laki-laki. "Istri saya juga menangis, ada apa dengan anak kami?" katanya.

Sampai saat ini, belum ada konfirmasi dari manajemen RSUD dr. Soetomo soal kejelasan jenis kelamin bayi yang dilahirkan Siti Romlah. Ia pun akhirnya meminta bantuan pengacara M.Sholeh untuk membantu menyelesaikan masalah ini.

Bagi Sholeh, ada beberapa kejanggalan dalam kasus ini. Kalau memang salah identifikasi atau salah ucap perawat seharusnya bisa dibicarakan. Sehingga semua keluarga maupun pihak yang terkait lebih lega.

"Tapi kalau memang tertukar, harus diinvestigasi. Buka rekaman CCTV atau danĀ  tes DNA," katanya.



(eyt)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif