Indofood Berikan Bantuan Dana Penelitian Bagi Mahasiswa

Selasa, 16 April 2019 - 18:15 WIB
Indofood Berikan Bantuan Dana Penelitian Bagi Mahasiswa
Branch HR Manager Noodle Division East Java Branch PT Indofood, Dodod Darmasasi (kiri) dan Rektor UTM M Syarief saat pembukaan sosialisasi program IRN, Selasa (16/4/2019).
A A A
BANGKALAN - Minat riset di kalangan generasi muda, khususnya mahasiswa, perlu ditingkatkan. PT Indofood Sukses Makmur Tbk melalui Indofood Riset Nugraha (IRN), memberikan bantuan dana penelitian bagi mahasiswa.

IRN yang merupakan corporate social responsibility (SCR) Indofood ini diharapkan merangsang mahasiswa giat penelitian. Program IRN ini berupa dana bantuan riset kepada mahasiswa Strata-1 (S1) yang tengah melakukan penelitian sebagai syarat untuklulus.

Guna menjaring mahasiswa, IRN melakukan sosialisasi di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Salah satunya di Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Selasa (16/4/2019).

Sebelumnya, IRN menyapa kampus Institut Teknologi Bandung untuk wilayah Bandung dan Jawa Barat, Universitas Negeri Semarang untuk wilayah Semarang dan Jawa Tengah.

Sosialisasi dan coaching clinicmetodologi penelitian juga dilakukan di Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah dan Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah.

“Secara konsisten, Indofood terus berupaya menumbuhkan minat riset di kalangan generasi muda. Kami menyakini bahwa riset adalah salah satu instrumen penting untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada dan menghasilkan inovasi-inovasi yang berguna bagi kehidupan kita,”ujar Wakil Kepala Divisi Corporate Communications Indofood, Stefanus Indrayana.

Menurut Indrayana, sumber pangan di Indonesia sangat beragam, baik nabati maupun hewani, baik dari darat maupun laut memiliki kandungan gizi yang baik.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, pihaknya mengajak mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhirnya untuk menggali potensi pangan dan berkontribusi nyata melalui penelitian unggul sesuai tema IRN yaitu Pengembangan Sistem Pangan Berkelanjutan Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal untukPeningkatan Kesehatan, Kecerdasan dan Prestasi Bangsa.

Sementara itu, untuk mendapatkan dana penelitian, mahasiswa perlu mendaftarkan proposal penelitiannya melalui website www.indofoodrisetnugraha.com atau dengan mengirimkan email ke indofoodrisetnugraha@indofood.co.id mulai 8 April hingga 20 Juli 2019.

Penerima dana IRN juga mendapatkan pendampingan selama penelitian dari Tim Pakar IRN, yang terdiri atas para pakar berbagai bidang dan diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, MSc. Sejak pertama kali diluncurkan di 2006, program IRN telah menerima sekitar 5.000 proposal dan mendanai lebih dari 750 penelitian mahasiswa.

Rektor UTM, Dr Drs Ec Mohammad Syarif menyambut gembira sosialisasi ini. Apalagi tantangan riset mahasiswa ini mengangkat tema yang sudah sangat lekat di kehidupan sivitas akademika UTM.

"Kalau masalah pangan, kita ini tidsk ketinggalan. Dari enam sektor yang kita targetkan, setidaknya dua sektor yang sudah dihilirisasi yakni garam dan jagung," ujar Syarif
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4752 seconds (0.1#10.140)