Luar Biasa! Dosen UMM Ini Kenalkan Budaya Lewat Matematika

Kamis, 18 April 2019 - 17:53 WIB
Luar Biasa! Dosen UMM Ini Kenalkan Budaya Lewat Matematika
Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), menulis buku tentag Ethnomatika. Foto/Ist.
A A A
MALANG - Keanekaragaman budaya Nusantara, mengilhami dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menulis buku Ethnomatika.

Para dosen tersebut adalah Dyah Worowirowirastri Ekowati, Dian Ika Kusumaningtyas, dan Nawang Sulistrani.

Dijelaskan oleh Dyah, Ethnomatika berasal dari gabungan dua kata yaitu etnik atau kebudayaan dan matematika. Secara harfiah bisa diartikan pembelajaran matematika dengan menggunakan budaya sebagai medianya.

"Jadi tidak hanya belajar saja, tetapi mereka juga bisa mengenal budaya nusantara lewat matematika," ujarnya.

Dilanjutkan Dyah, Ethnomatika pertama kali diperkenalkan oleh D'Ambrosio, seorang matematikawan Brasil pada tahun 1977.

Namun dalam perjalanannya mengalami perkembangan dan mulai dikenal luas di berbagai belahan dunia. Karena pembelajarannya yang lebih efektif dan simpel melalui media yang ada disekitar siswa.

"Pembelajaran matematika khususnya untuk anak SD, musti diajari sesuatu yang konkrit. Jadi tidak bisa hanya menjelaskan materi dan memberikan soal saja. Karena di Matematika, ada program yang dinamakan Matematika Realistik. Menggunakan benda-benda realistik yang ada disekitar, lewat budaya misalnya," bebernya.

Pada permainan Engklek, misalnya, secara tidak langsung siswa juga belajar Matematika saat melewati petak yang sudah diberi angka dan menghitung jumlah angka yang dilewati. Selanjutnya, membentuk rumah adat yang terdiri atas bangun datar apa saja dan membentuk kelompok yang terdiri dari segitiga, dan lainnya.

Kemudian, sambung Dyah, melalui permainan Engklek siswa juga diajak bermain dengan membentuk rumah adat berdasarkan kelompok-kelompok yang telah dibagi. Lalu siswa dipersilahkan untuk memadupadankan antar kelompok sehingga membentuk rumah adat dari bangun datar-bangun datar tersebut.

Penerapan buku ini telah dilakukan dalam penelitian dan pengabdian di sekolah-sekolah. "Ini adalah bagian dari Pengembangan program Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) dalam pembuatan buku yang diperuntukkan bagi dosen. Lahir tahun 2017 dan untuk proses cetak lanjutannya tahun ini," jelasnya.

Melalui metode ini, pertama, Matematika menjadi lebih realistis. Kedua, pembelajaran Etno (melalui observasi) merupakan wahana belajar sambil bermain dan outdoor learning bagi siswa. Ketiga, memperkenalkan kebudayaan kepada siswa. “Dengan begitu diharapkan mereka memiliki kepedulian untuk melestarikannya,” ungkapnya.

"Yang terakhir tentu saja memacu siswa untuk terus mensyukuri kenikmatan Tuhan atas benda di sekitar kita. Nilai ini sesuai dengan nilai karakter dalam kurikulum 2013. Demikian keunggulan dari pembelajaran berbasis Ethnomatika yang kami garap dalam buku ini," lanjutnya.

"Belajar Matematika itu tidak abstrak saja, tetapi mampu diterapkan dalam kehidupan nyata. Karena bagi saya belajar Matematika itu bukan hanya bicara tentang rumus. Lebih dari itu, Matematika adalah aktivitas dan bahasa dalam kehidupan sehari-hari," pungkas perempuan yang juga dosen Prodi PGSD UMM.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5123 seconds (0.1#10.140)