Cek Kesiapan PPK, Kapolres Tegur Linmas Merokok Dekat Kotak Suara

Kamis, 18 April 2019 - 20:15 WIB
Cek Kesiapan PPK, Kapolres Tegur Linmas Merokok Dekat Kotak Suara
Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban, mengecek kesiapan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) menerima distribusi kotak suara. Foto/Ist.
A A A
LUMAJANG - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di seluruh Kabupaten Lumajang, mulai menerima distribusi kotak suara Pemilu 2019 dari Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Untuk memastikan kesiapan PPK menerima distribusi kotak suara, Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban langsung mengecek kondisi PPK di Kabupaten Lumajang.

"Saya mengecek kesiapan PPK Kota, PPK Kedungjajang, PPK Klakah, PPK Sukodono, dan PPS Dawuhan Lor, yang ada di wilayah Kecamatan Sukodono," ujarnya.

Saat melakukan kegiatan pengecekan di PPS Dawuhan Lor, Arsal sempat marah saat melihat anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang merokok di dekat tumpukan kotak suara.

Dia meminta, kepada seluruh panitia dan masyarakat agar tidak merokok dalam radius 10 meter dari kotak suara, karena sangat berbahaya apabila api tersebut membakar kotak suara.

"Jangan sampai ribuan suara masyarakat Kabupaten Lumajang, sia-sia karena kecerobohan kalian. Bahan kotak suara yang terbuat dari kardus sangat berbahaya apabila tersulut api, karena bisa membakar semua rekapan yang ada di kotak suara," tegasnya.

Dia menyebutkan, rata-rata setiap TPS perhitungan suaranya selesai pada Kamis (18/4/2019) dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB. Selanjutnya dikirim ke PPS dengan pengawalan ketat pada pukul 04.30 WIB.

"Pergerakan kotak suara dari PPS ke PPK, umumnya mulai pukul 10.00 WIB. Diperkirakan sampai tengah malam semua kotak suara dari PPS masuk ke PPK. Proses perpindahan kotak suara juga di kawal ketat oleh anggota Polri, TNI, Linmas, anggota PPS, dan Satgas Keamanan Desa," ungkapnya.

Sampai pukul 19.00 WIB, tercatat 13 PPK sudah menerima lengkap kotak suara dari PPS. Sedangkan 8 PPK rata-rata sudah masuk 80 peser kotak suara dari PPS. Diperkirakan tengah malam ini semua kotak suara sudah masuk ke PPK.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4139 seconds (0.1#10.140)