BSN Dorong UKM Madiun Terapkan SNI

Sabtu, 20 April 2019 - 11:09 WIB
BSN Dorong UKM Madiun Terapkan SNI
BSN menandatangani Nota Kesepahaman dengan Walikota Madiun. Foto/Ist
A A A
MADIUN - Kota Madiun merupakan kota yang memiliki potensi besar produk UKM serta industri yang berbasis pangan dan pertanian atau kehutanan.

Tentunya produk-produk tersebut memiliki kontribusi dalam perekonomian daerah.
Pengembangan produk melalui kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya menuturkan, selain melindungi konsumen, standardisasi dapat membuka pasar global. Standardisasi dan penilaian kesesuaian akan membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas produknya.

"Maka, dengan menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI), produk-produk yang ada di Kota Madiun dapat lebih berdaya saing,” katanya usai menandatangani Nota Kesepahaman dengan Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto, di Madiun.

Dalam siaran pers yamg diterima Sabtu (20/4/2019), disebutkan penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan salah satu bentuk implementasi amanah yang tertuang dalam Undang-undang No.20/ 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

“Dengan menerapkan SNI, kita dapat melakukan efisiensi dalam proses produksi yang artinya akan menetapkan harga yang terjangkau oleh konsumen. Penerapan SNI juga merupakan suatu perjuangan dari produsen Indonesia untuk memenangkan persaingan dari gempuran produk luar,” papar Bambang.

Efisiensi dapat diperoleh oleh pengusaha karena dengan menerapkan SNI, produk yang gagal dapat berkurang, mutu produk terjaga, profesionalitas SDM meningkat, dan aktivitas usaha bisa berjalan otomatis tanpa harus diawasi setiap saat.

Untuk itu, lanjutnya, setiap tahun BSN memberikan pembinaan penerapan SNI kepada UKM agar dapat membantu meningkatkan mutu dan produktivitas UKM, sehingga nanti diharapkan UKM yang telah diberikan pembinaan akan menjadi role model untuk UKM lain agar tertarik untuk menerapkan SNI.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8565 seconds (0.1#10.140)