KAPT Minta Amien Rais Tunjukkan Data Akurat Kemenangan Prabowo

Senin, 22 April 2019 - 07:08 WIB
KAPT Minta Amien Rais Tunjukkan Data Akurat Kemenangan Prabowo
Amien Rais.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) Jatim menyayangkan pernyataan singkat Amien Rais tentang kemenangan Prabowo di Jawa Timur (Jatim). Pasalnya, pernyataan itu tanpa didasari argumentasi dan data yang akurat, kredibel dan terukur.

Bahkan, patut diduga tindakan tersebut sebagai sebuah upaya delegitimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pemilu. Relawan Jokowi itu menilai, pernyataan mantan Ketua MPR tersebut telah menimbulkan sesat persepsi di masyarakat atas proses rekapitulasi pemilu yang masih berlangsung.

“Apa yang disampaikan Pak Amien Rais, telah menimbulkan kegaduhan politik di masyarakat. Hal itu berpotensi menimbulkan perpecahan dan konflik terbuka,” kata Ketua KAPT Jatim, Ermawan Wibisono, Senin (22/4/2019).

Meski sempat menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah, pihaknya meragukan kondisi kekinian dan kearifan Amien Rais dalam mencerna informasi dari orang sekitar, yang tidak lagi mencerminkan kapabilitasnya sebagai seorang akademisi atau profesor yang terkemuka.

“Kami minta Pak Amien Rais untuk dapat menunjukkan data-data pendukung atas penyataannya tersebut secara terbuka masyarakat. Itu sebagai sebuah bentuk pertanggungjawaban
publik atas apa yang telah dinyatakan,” terangnya.

KAPT Jatim mendesak Amien Rais meminta maaf secara terbuka pada Masyarakat Jatim jika tidak bisa menunjukkan data valid atas pernyataanya.

“Sebagai warga yang taat hukum, hendaknya kepentingan bangsa harus dikedepankan diatas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan. Kami menghimbau agar semua pihak meminimalkan potensi konflik di masyarakat dan menunggu hasil rekapitulasi KPU,” pungkas Ermawan.

Sebelumnya beredar di media sosial video pernyataan Amien Rais yang mengklaim Prabowo-Sandi menang 50 persen lebih di Jatim.
Dalam videonya itu, Amien juga menyebut bahwa Jokowi hanya menang di Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur dan sejumlah daerah kecil lainnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4805 seconds (0.1#10.140)