140 Calon Wirausahawan Digembleng Membuat Kerajinan Rotan

Senin, 22 April 2019 - 17:21 WIB
140 Calon Wirausahawan Digembleng Membuat Kerajinan Rotan
Para calon pelaku wirausaha di Kota Malang, mendapatkan pembekalan keterampilan kerajinan rotan sintetis yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang. Foto/Ist.
A A A
MALANG - Pemkot Malang, sedang serius mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini memiliki tujuan, membangun kemandirian ekonomi masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk membangun UMKM tersebut, yakni dengan memberikan berbagai pelatihan kepada tenaga kerja calon wirausaha.

Bertempat di Hotel Pelangi, Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, menggelar pembinaan dan pelatihan ketrampilan tenaga kerja calon wirausaha baru rotan sintesis, Senin (22/4/2019).

Sebanyak 140 calon wirausaha baru dalam bidang ini, dilatih agar memiliki ketrampilan dan mampu menyongsong persaingan dalam dunia global.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, Tri Widyani mengatakan, pelatihan ini sangat penting mengingat sektor UMKM dan cita Malang sebagai kota pariwisata sangat erat kaitannya.

Setiap tahun, lanjut wanita yang akrab disapa Yani ini, banyak wisatawan yang datang ke Kota Malang, sehingga peluang ini harus dimaksimalkan dengan baik.

"Banyak destinasi wisata di Kota Malang. Itu adalah peluang bagi wirausahawan baru, termasuk di bidang pembuatan rotan ini. Saya harap sektor ini dapat berkembang pesat," kata Yani saat memberikan arahan dalam pelatihan tersebut.

Dijelaskan, selama ini hasil karya UMKM Kota Malang, sudah berjaya tidak saja dalam pasar domestik melainkan juga tembus pangsa pasar di luar negeri.

Ekspor barang hasil UMKM di Kota Malang, jumlahnya kian naik setiap tahunnya, sehingga peluang ini yang akan terus dimanfaatkan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang.

"Dengan komitmen yang kuat, serta kemandirian usaha yang baik, saya yakin UMKM Kota Malang, bisa naik kelas," tegasnya.

Selain memberikan pelatihan, Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, juga menggelar klinik usaha mikro. Hal ini merupakan realisasi komitmen Wali Kota Malang, Sutiaji yang terus menggelorakan pembangunan ekonomi kerakyatan dengan maksimal.

"Dinas Koperasi UKM Kota Malang, memiliki kewenangan dalam menaikkan sektor ekonomi kerakyatan dengan berbagai program," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.3839 seconds (0.1#10.140)