alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Banteng Moncong Putih Diprediksi Kuasai Kursi DPRD Kota Surabaya

Lukman Hakim
Banteng Moncong Putih Diprediksi Kuasai Kursi DPRD Kota Surabaya
PDIP diprediksi bakal menguasai kursi di DPRD Kota Surabaya. Foto/Dok.SINDOphoto

SURABAYA - PDIP diprediksi meraih kursi terbanyak di DPRD Kota Surabaya, dari hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Yakni, berpeluang mendapat 14-16 kursi.

Partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri ini, menguasai lima Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Kota Surabaya.

Ini diketahui dari perolehan data real count Tempat Pemungutan Suata (TPS) yang direkap Tim SCG Research and Consulting dari data Kelurahan dan Kecamatan di Surabaya. Pada 22 April 2019, input data telah mencapai 91 persen.



"PDIP di Pemilu 2014 mendapat 15 kursi. Di Pemilu 2019, PDIP Kota Surabaya berada di tiga kemungkinan. Turun menjadi 14 kursi, jika gagal memperoleh 3 kursi di dapil 3 karena gagal mempertahankan kursi kesembilan yang saat ini sedang diperebutkan dengan PAN," terang Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, Kamis (25/4/2019).

Kemudian, sambung Didik, tetap meraih 15 kursi, bila berhasil memperoleh 3 kursi di Dapil 3. Lalu bisa naik 16 kursi, bila berhasil memperoleh 4 kursi di dapil 4. "Ini dengan syarat memenangkan kursi ke 10, yang saat ini diperebutkan bersama PSI dan Nasdem," jelasnya.

Meski begitu, perolehan kursi PDIP  tetap paling banyak dibandingkan parpol lain. Untuk PKB diperkirakan meraih 5 kursi, Gerindra 5 kursi, PKS dapat 5 Kursi, dan PPP meraih 1 kursi adalah tetap dibanding perolehan pemilu 2014.

"Nama-nama yang terpilih mengisi 50 kursi DPRD Kota Surabaya, didapat caleg dengan suara terbanyak di antara daftar caleg partai yang memperoleh kursi. Untuk hal ini kami akan merilis nama setelah penetapan rekapitulasi PPK di Kecamatan selesai 100 persen," paparnya.

Dia menambahkan, sejauh ini dari pantauan perolehan suara terbanyak, nama-nama incumbent masih mendominasi, meskipun nama baru juga muncul mewarnai."Perolehan suara terbanyak didominasi oleh caleg incumbent," pungkasnya.



(eyt)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif