Warga Antusias Ikuti PSU Ditiga TPS di Kota Malang

Kamis, 25 April 2019 - 12:58 WIB
Warga Antusias Ikuti PSU Ditiga TPS di Kota Malang
Warga masih antusias melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 14 Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
MALANG - Warga sangat antusias mengikuti Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019 ditiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Malang, pada Kamis (25/4/2019).

Sejak pagi hari, banyak warga yang berdatangan ditiga TPS yang menggelar PSU. Yakni TPS 14 Kelurahan Penanggungan, dan TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen; serta TPS 9 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing.

Viviane Manopo (50) warga Manado, yang sedang tugas belajar di Universitas Brawijaya (UB) Malang, mengaku tidak masalah dengan kegiatan PSU ini, karena memang ingin menyalurkan hak suaranya.

"Sejak jauh hari saya memang sudah mengurus A5 untuk pindah memilih, dan semua syarat sudah saya lengkapi," ujar dosen di Universitas Negeri Manado, tersebut.

Kapolres Malang, AKBP Asfuri mengaku proses PSU ditiga TPS berjalan sangat kondusif, belum ada indikasi ancaman untuk mengganggu kegiatan PSU.

"Meski belum ada indikasi ancaman gangguan, tetapi kami tetap melakukan siaga penuh untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang terjadi. Setiap TPS kami tempatkan 8 personil Polri, dibantu personil TNI, Linmas, dan Satpol PP," ungkapnya.

Warga Antusias Ikuti PSU Ditiga TPS di Kota Malang


Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Fajar Santosa menyebutkan, dari tiga TPS yang melaksanakan PSU, surat suara yang dicoblos berbeda-beda. Khusus di TPS 14 Kelurahan Penanggungan, dilakukan PSU untuk DPD dan Presiden.

Sementara di TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, PSU untuk DPD, Presiden, DPR RI, dan DPRD Provinsi. Sedangkan di TPS 9 Kelurahan Bunulrejo, dilaksanakan PSU untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Malang.

"Pelaksanaan PSU ini sesuai dengan rekomendasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), karena ditemukan adanya pemilih yang tidak berkualifikasi sebagai pemilih. Yakni, datang mencoblos hanya membawa E-KTP, pada 17 April 2019 yang lalu," tuturnya.

Dia menyebutkan, secara umum pelaksanaan PSU berjalan lancar, dan antusiasme warga masih sangat tinggi. Seperti di TPS 14 Kelurahan Penanggungan, hingga pukul 11.00 WIB, sudah hadir sebanyak 144 pemilih dari 268 warga yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Setelah selesai pencoblosan dan penghitungan suara di tingkat TPS, langsung dilakukan proses rekapitulasi suara hasil PSU di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Menurut Fajar, batas akhir rekapitulasi suara adalah pada 4 Mei 2019.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4374 seconds (0.1#10.140)