Gandeng Silog, Pelindo III Produksi Peti Kemas Mini

Kamis, 30 Agustus 2018 - 07:05 WIB
Gandeng Silog, Pelindo III Produksi Peti Kemas Mini
PT Pelindo III, siap memproduksi peti kemas mini, bekerjasama dengan Semen Indonesia Logistik (Silog). Foto/Ilustrasi/Dok. SINDONews
A A A
SURABAYA - PT Pelindo III siap memproduksi MiniCon atau peti kemas mini. Bekerjasama dengan Semen Indonesia Logistik (Silog). Inovasi logistik ini, dinilai lebih praktis.

MiniCon, dapat dilipat dan diklaim berukuran sepertiga lebih kecil. Tiga MiniCon, dapat dimuat sekaligus ke dalam satu peti kemas ukuran 20 TEUs.

Engineering and ICT Director, PT Pelindo III, Husein Latief mengatakan, MiniCon merupakan inovasi Pelindo III, sebagai solusi atas permasalahan di lapangan pada industri layanan logistik di tanah air.

PT Pelindo III melalui anak usahanya, PT Pelindo Marine Service (PMS) melakukan sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dengan menggandeng Semen Indonesia Logistik (Silog), yang sudah berpengalaman di bidang fabrikasi baja.

"MiniCon dalam peti kemas dapat dibongkar langsung saat mencapai distribution center, sehingga bisa langsung diangkut ke truk," katanya.

Menurutnya, kemudahan tersebut mampu menghapus biaya pekerja dan perawatan di gudang lokal. Maka diharapkan, pada skenario terbaik proses distribusi bisa menghemat waktu 2-3 hari.

Penghematan waktu tersebut, juga akan berdampak lebih cepat pada pengiriman dari pintu ke pintu. "Biaya logistik pun lebih efisien, utamanya di daerah-daerah yang cocok mengimplementasikan MiniCon," terangnya.

Direktur Keuangan Silog, Retno Sulistyowati mengungkapkan, produksi MiniCon merupakan kerja sama kedua yang dilakukan PT Pelindo III dan Silog.

Sebelumnya, sudah terjalin kerjasama di bidang angkutan. "Kami beharap ada kerja sama selanjutnya, Silog siap di bidang forwarding, pelayaran, dan distribusi semen. Semoga sinergi BUMN ini bermanfaat bagi bangsa," ujarnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0514 seconds (0.1#10.140)