Tujuh Makanan Ini Sebabkan Menstruasi Jadi Lebih Buruk

Jum'at, 26 April 2019 - 19:30 WIB
Tujuh Makanan Ini Sebabkan Menstruasi Jadi Lebih Buruk
Menstruasi kerap membuat wanita mengalami perubahan suasana hati. Tak itu saja, ada 7 makanan yang bikin haid menjadi lebih buruk. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Siklus menstruasi bulanan sering disertai banyak gejala, di antaranya kelelahan, kembung, perubahan suasana hati dan kram. Gejala-gejalanya bisa lebih buruk bagi sebagian orang sehingga membuat menstruasi menjadi perjuangan besar.

Hal yang Anda lakukan biasanya mencari makanan yang menenangkan. Ingat, ada beberapa makanan yang dapat membuat gejala haid Anda semakin buruk. Seperti dilansir Times Of India, beberapa makanan ini harus dihindari seminggu sebelum atau selama menstruasi.

1. Kopi
Jika tidak ingin memperparah menstruasi, kurangi asupan kafein. Cobalah untuk tetap berpegang pada satu cangkir kopi per hari. Menikmati kopi yang berlebihan dapat menyebabkan vasokonstriksi - penyempitan pembuluh darah yang dapat memperburuk kram selama menstruasi. Ini juga dapat meningkatkan rasa tidak nyaman dan kembung.

2. Karbohidrat dan gula
Gula darah mengalami fluktuasi ketika sedang menstruasi. Jika Anda mengonsumsi lebih banyak pemanis selama fase ini, maka dapat menambah ‘bahan bakar ke api’. Kadar gula darah akan naik dan turun secara drastis. Selain itu, gula dapat meningkatkan kram. Gula halus juga menyebabkan tubuh menahan natrium dan air yang menyebabkan kembung dan perubahan suasana hati.

3. Susu
Memiliki banyak produk susu bukanlah ide terbaik karena dapat menyebabkan kram. Produk-produk susu, seperti keju dan es krim mengandung asam arakidonat (asam lemak omega-6) yang dapat meningkatkan peradangan dan dapat meningkatkan nyeri haid.

4. Makanan berlemakMakanan berlemak meningkatkan jumlah prostaglandin dalam tubuh dan dapat membuat rahim berkontraksi. Efeknya meningkatkan kram dan akan membuat tidak nyaman. Bahkan daging berlemak harus dihindari selama periode menstruasi karena lemak jenuh yang dapat memperburuk nyeri haid.

5. Makanan olahan
Jauhi makanan olahan sebanyak yang Anda bisa saat menstruasi. Aditif makanan dapat membuat kram lebih intens. Lemak trans, juga dikenal sebagai minyak terhidrogenasi yang ditambahkan dalam makanan olahan dapat menyebabkan peradangan pada tubuh dan dapat memperburuk gejalanya. Jadi, tamabah seluruh makanan, protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran untuk menghindari gejala periode rumit itu.

6. Hindari makanan bersodium
Makanan yang mengandung sodium dalam jumlah tinggi juga harus dihindari selama siklus menstruasi bulanan. Mengambil makanan yang mengandung sodium dalam jumlah tinggi dapat membuat kembung dan retensi air dalam tubuh semakin buruk. Jadi, tinggalnya keripik dan kentang goreng.

7. Cokelat
Keinginan menikmati cokelat cukup normal selama haid, tetapi ada baiknya hindari makanan ini saat menstruasi. Cokelat dapat meningkatkan level prostaglandin dan Anda mungkin mengalami lebih banyak kram menstruasi. Jika ingin makan cokelat, makan cokelat hitam pun dinikmati dalam jumlah terbatas.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4653 seconds (0.1#10.140)