Raih Banyak Kursi di Daerah, Perindo Optimistis Lolos Ambang Batas 4 Persen

Sabtu, 27 April 2019 - 12:32 WIB
Raih Banyak Kursi di Daerah, Perindo Optimistis Lolos Ambang Batas 4 Persen
Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq. Foto: dok/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Partai Perindo semakin optimistis melampaui Parlimentiary Threshold alias ambang batas parlemen 4%.

Untuk itu, Sekjen Partai Perindo memerintahkan seluruh caleg di daerah ikut mengawal penghitungan suara di tingkat kecamatan.

Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq mengatakan, saat ini belum semua daerah melaporkan perolehannya. Meski demikian, dari data sementara yang sudah masuk dari berbagai daerah, Perindo mencatatkan perolehan suara signifikan yang tercermin dari banyaknya kursi DPRD yang diperoleh, baik untuk DPRD Provinsi maupun kabupaten/kota.

"Di Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung sampai Indonesia Timur Perindo banyak dapat kursi," ungkapnya. Rofiq mengatakan dari laporan sementara di Pulau Jawa Perindo juga banyak mendapatkan kursi.

Rofiq mengatakan, keberhasilan meraih banyak kursi tersebut tak lepas dari struktur partai yang mengakar di berbagai daerah dan program-program aksi nyata Perindo yang membantu dan membangun masyarakat terus menerus secara konsisten.

Dalam catatannya, Partai Perindo sangat diterima di daerah-daerah yang minim dengan aroma money politic. Serangan fajar dalam Pemilu 2019 dinilainya merata di seluruh daerah, namun yang paling masif terjadi di Pulau Jawa.

Rofiq mengajak kepada seluruh caleg untuk bersatu padu mengawal penghitungan suara di tingkat kecamatan. "Seluruh caleg harus bersatu padu, harus bekerja sama. Kalau kita tidak memperkuat itu, maka kita akan banyak kehilangan suara," jelas dia.

Dengan pengawalan bersama, Rofiq mengatakan, suara masyarakat yang telah diberikan kepada Partai Perindo itu dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu, pengawasan menjadi poin penting untuk memastikan perolehan suara yang diterima merupakan hasil penghitungan yang adil dan jujur.

Hasil rekapitulasi akhir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara nasional rencananya diumumkan pada 22 Mei 2019. KPU akan menggunakan penghitungan manual berjenjang untuk memutuskan hasil akhir Pemilu 2019.

"Kita masih punya waktu dan kami punya optimisme untuk lolos parliamentary threshold, maka semua harus bekerja sama, harus bergotong royong untuk mengamankan," kata dia.

Sebelumnya, hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis ada 10 besar partai yang berpotensi lolos ke parlemen, satu di antaranya adalah Partai Perindo.

Hitung cepat tersebut mengambil sampel 2.000 TPS dari total 813.350 TPS. Margin of error dari hitung cepat tersebut sekitar 1%.

Perolehan Partai Perindo berdasarkan hitung cepat LSI Denny JA mencapai 3,18%. Oleh karena itu, dengan adanya estimasi margin of error hitung cepat 1%, maka Perindo berpeluang lolos ambang batas parlemen pada Pileg 2019.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7302 seconds (0.1#10.140)