Julio Banuelos, Pelatih Baru Persija Asal Sepanyol, Siapa Dia?

Sabtu, 08 Juni 2019 - 18:38 WIB
Julio Banuelos, Pelatih Baru Persija Asal Sepanyol, Siapa Dia?
Pelatih baru Persija Jakarta, Julio Banuelos. Foto/instagram: @persijajkt
A A A
JAKARTA - Persija Jakarta mendatangkan pelatih baru asal Spanyol, Julio Banuelos. Pelatih baru ini, sempat menjadi asisten Luis Milla di tim nasional Indonesia.

(Baca juga: Macan Kemayoran Datangkan Juru Taktik dari Negeri Matador )

Dilansir dari laman resmi klub Persija Jakarta, persija.id, sebelum menjadi pelatih, Julio pernah menjadi pemain sepak bola dengan posisi sebagai bek.

Saat masih menjadi pemain junior, dia pernah bermain di tim junior Real Madrid. Selepas itu, dia dikontrak Mirandes selama dua tahun, yakni pada 1988-1990.

Meskipun berposisi sebagai pemain belakang, dan sangat tangguh menjaga daerah pertahanannya. Julio juga berhasil mencetak enam gol dari 57 pertandingan yang dijalaninya.

Selepas dari Mirandes, Julio sempat merumput bersama Real Zargoaza B. Karirnya sebagai pemain berakhir di Balaguer. Di klub terakhirnya, dia bermain selama lima tahun, dan kemudian memutuskan gantung sepatu.

Gantung sepatu tidak membuatnya terpisah dari dunia sepak bola. Dia berkarir sebagai pelatih profesional di tim muda Unio Esportiva Lleida. Lalu, melatih tim Alaves Junior.

Berkat kemampuannya menangani tim junior, akhirnya pada tahun 2005 Julio dipromosikan sebagai pelatih Alaves pada 2005, berlanjut satu tahun kemudian menjadi juru taktik untuk tim Alaves senior.

Karir kepelatihannya tidak hanya berhenti di klub Spanyol. Dia sempat mencoba peruntungan dengan melatih klub Siprus AEK Larnaca. Di tim ini, Julio mendapatkan kepercayaan sebagai asisten pelatih.

Dari Siprus, dia akhirnya turut menikmati kerasnya persaingan keras di Liga Inggris, sebagai asisten pelatih di Leeds United. Dari Inggris, Julio akhirnya bergabung dengan Luis Milla untuk menangani tim nasional Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2018.

(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.3091 seconds (0.1#10.140)