Serunya Anak-anak Papua Belajar Baris Bersama Prajurit Kostrad

Minggu, 27 Oktober 2019 - 14:39 WIB
Serunya Anak-anak Papua Belajar Baris Bersama Prajurit Kostrad
Anak-anak di SD Inpres Argapilong, Kabupaten Pegunugan Bintang, mendapatkaan latihan Peraturan Baris-berbaris (PBB). Foto/Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad
A A A
PEGUNUNGAN BINTANG - Anak-anak SD Inpres Argapilong, Kampung Okatem, Distrik Okatem, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, bergitu bersemangat latihan Peraturan Baris-berbaris (PBB).

(Baca juga: Siram Janda dengan Air Keras, 2 Pria Ditembak Polisi )

Todak main-main, para pelajar sekolah dasar ini mendapatkan pelatihan PBB langsung dari para prajurit Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, yang bertugas di Pos Oksibil, pimpinan Lettu Inf. Rahmat Hidayat.

Di samping menjalankan tugas pokoknya sebagai pengamanan perbatasan, anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, juga ikut terlibat dalam mencerdaskan anak-anak bangsa yang berada di pelosok negeri, salah satunya memberikan pelatihan PBB sehingga menjadikan anak-anak yang disiplin dan bertanggung jawab.

Komandan Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, Letkol Inf. Wira Muharommah mengatakan, materi PBB yang dilatihkan kepada murid-murid SD Inpres Argapilong, dipimpin langsung oleh Bintara Pelatih, Sertu Anaro Laoli dengan tiga orang anggota pos.

"Mereka memberikan pelatihan dengan materi gerakan di tempat, gerakan berjalan hingga latihan penghormatan yang baik dan benar," tuturnya.

Wira menambahkan, melalui kegiatan tersebut dapat menjadikan murid-murid yang cinta tanah air dan mempunyai rasa sepenanggungan antara yang satu dengan yang lainnya.

"Kegiatan latihan PBB ini secara tidak langsung mengajarkan para siswa untuk bersikap disiplin dan loyal terhadap pemimpinnya dengan satu suara, satu perintah," imbuhnya.

"Di samping itu dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan saling peduli antara satu dengan yang lainnya, kegiatan ini juga harapannya memberikan pembekalan mental sejak dini terhadap para siswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan hidup di masa yang akan datang," pungkasnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Kepala sekolah SD Inpres Argapilong, Leo Kakyarmabin sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada anggota TNI, khususnya dari Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad.

"Para prajurit selalu siap dan tulus memberikan ilmunya kepada murid-murid. Saya juga berharap, dengan adanya kegiatan tersebut menjadikan murid-murid yang disiplin dan bertanggungjawab," tuturnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5936 seconds (0.1#10.140)