Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Ajak Siswa Mencintai Satwa

Minggu, 10 November 2019 - 08:51 WIB
Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Ajak Siswa Mencintai Satwa
Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, mengajak pelajar SD Inpres Rawa Biru, untuk selalu menyayangi satwa. Foto/Dok.Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad
A A A
MERAUKE - Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tahun 2019, dimanfaatkan prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, untuk kampanye cinta satwa.

(Baca juga: Bangun Persaudaraan Sejati, Prajurit Kostrad Kunjungi Rumah Warga )

Menariknya, kapanye mencintai satwa ini dilakukan oleh para prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini, dilaksanakan dengan melibatkan para pelajar di SD Inpres Inpres Rawa Biru, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Peringatan HCPSN kepada siswa-siswi yang ada di perbatasan tersebut, dilaksanakan di rumah salah seorang tokoh masyarakat Kampung Rawa Biru, Marwan Hamid Maiwa (56), yang ikut melestarikan beberapa satwa endemik yang ada di Kampung Rawa Biru, seperti Kasuari, Buaya, Rusa, dan Kangguru, yang dikandang dengan rapi dan terawat sebagai bentuk kecintaannya terhadap kelestarian satwa di Kabupaten Merauke.

Sebanyak lima personel Satgas dari Pos Rawa Biru yang dipimpin oleh Kopda Nanang memberikan pembelajaran tentang satwa, dan mengenalkan pentingnya menyayangi satwa sejak dini bagi siswa, "Kami ingin menggalakan gerakan jangan sakiti hewan. Melalui kegiatan ini siswa-siswi jadi tau bagaimana bersikap penyayang dengan satwa yang ada disekitarnya," Ujarnya.

Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya mengatakan, melalui peringatan HCPSN bertujuan meningkatkan kepedulian, pelestarian, perlindungan, sifat penyayang sejak dini bagi siswa-siswi sekolah, dimana Indonesia merupakan salah satu negara dengan spesies puspa dan satwa yang beragam.

"Melalui HCPSN tahun 2019 ini, Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad akan terus mendorong dan mengkampanyekan kepada siswa-siswi sekolah maupun masyarakat, untuk ikut serta menjaga kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Merauke," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan alumni Akmil tahun 2003 tersebut, selain melaksanakan tugas pokoknya, kehadiran Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini, juga bertekat untuk dapat menjadi inspirasi dalam hal perubahan yang bermanfaat bagi masyarakat, karena mengajarkan untuk mencintai satwa edemik yang ada diperbatasan adalah salah satu bentuk menjaga kekayaan Bangsa Indonesia.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2649 seconds (0.1#10.140)