Presiden Pantau Perkembangan Bencana di Palu dan Donggala

Sabtu, 29 September 2018 - 09:21 WIB
Presiden Pantau Perkembangan Bencana di Palu dan Donggala
Presiden Joko Widodo, memantau perkembangan daerah terdampak gempa dan stunami di Sulawesi Tengah. Foto/Dok.SINDONews
A A A
JAKARTA - Duka cita mendalam, diungkapkan Presiden Joko Widodo, atas terjadinya bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

Kepala negara yang akrab disapa Jokowi tersebut, terus melakukan pemantauan perkembangan terkini penanganan bencana di seluruh daerah terdampak.

"Saya dan kita semua ikut berduka cita atas terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala, di Palu, dan sekitarnya. Tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Kepala BNPB, meskipun informasi itu belum semuanya ada karena memang sulit untuk telepon ke sana," kata Jokowi dalam pernyataan resmi di kediamannya di Solo.

Jokowi mengatakan telah mencoba menghubungi Gubernur Sulawesi Tengah, untuk mengetahui keadaan di sana. Namun, upaya tersebut belum berhasil karena sambungan komunikasi yang terganggu.

(Baca juga: Seluruh Sumber Daya Disiagakan Tangani Korban Gempa dan Tsunami )

Atas bencana yang terjadi, presiden memerintahkan Menkopolhukam untuk mengkoordinasikan jajarannya baik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan TNI untuk melakukan penanganan darurat atas peristiwa ini.

"Saya telah perintahkan Menkopolhukam untuk mengkoordinasikan BNPB. Saya sudah telepon tadi ke panglima TNI, untuk bersama-sama menangani terutama yang berkaitan dengan penanganan darurat baik pencarian korban, evakuasi, dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan," kata Jokowi.

Kini, para menteri Kabinet Kerja sedang dalam perjalanan menuju ke lokasi terdampak gempa dan tsunami. Jokowi berharap segera mendapatkan informasi lebih detail mengenai kondisi di lapangan.

"Setiap menit, setiap jam, saya selalu mengikuti peristiwa yang terjadi dari sini. Saya berharap setelah mendapat penjelasan secara penuh baru menentukan rencana," ucapnya.

Kepala Negara juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, namun senantiasa menjaga kewaspadaan terhadap gempa susulan yang mungkin saja terjadi. Dirinya berdoa agar musibah ini dapat dilalui dan diselesaikan bersama.

"Seluruh masyarakat terutama yang berada di Donggala, Palu, dan sekitarnya agar tetap tenang tetapi juga tetap waspada. Kita berharap ini segera bisa diselesaikan bersama-sama," kata Jokowi.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2556 seconds (0.1#10.140)