Khofifah Luncurkan Website Cek Up Covid-19 Secara Mandiri

Rabu, 18 Maret 2020 - 21:49 WIB
Khofifah Luncurkan Website Cek Up Covid-19 Secara Mandiri
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menunjukkan website checkupcovid19.jatimprov.go.id. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), meluncurkan website untuk self checkup (chek up mandiri) dalam menangani kasus virus Corona jenis baru, Covid-19.

(Baca juga: 2 Positif Covid-19, Begini Virus Corona Itu Masuk ke Malang )

Website ini diharapkan mampu mendeteksi kondisi warga yang ingin tahu apakah terkena virus atau tidak. Masyarakat yang ingin melakukan chek up mandiri bisa mengunjungi laman checkupcovid19.jatimprov.go.id.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, website ini perlu diluncurkan karena saat ini masyarakat berbondong-bondong ke Rumah Sakit (RS) untuk melakukan tes atau pemeriksaan. Website tersebut berisi beragam bertanyaan seputar Covid-19 berikut gejalanya.

Nantinya, muncul rekomendasi apa saja yang harus dilakukan. "Pengecekan mandiri ini memang tidak secara nyata memeriksa pasien atau masyarakat. Namun dengan dikenali lebih dini dengan menjawab pertanyaan di dalam website akan membantu secara dini juga apakah seseorang punya gejala klinis Covid-19," katanya di Gedung Negara Grahadi, Rabu (18/3/2020).

Sementara itu pembuat website Makhyan Jibril Al Farabi menjelaskan, bahwa operasional website ini sangat mudah. Selain melalui personal computer (PC), juga bisa diakses melalui smartphone.

"Jika nanti hasilnya positif, di dalam website tersebut ada nomor call center yang bisa dihubungi. Sehingga bisa langsung melakukan penindakan," kata lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) ini.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2161 seconds (0.1#10.140)